Makalah Teknologi Informasi dalam Perpustakaan

Makalah Teknologi Informasi dalam Perpustakaan

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Teknologi menjadi denyut nadi perkembangan zaman pada saat ini. Tanpa teknologi tidak mungkin zaman bisa berkembang begitu pesat dari satu masa ke masa berikutnya. Teknologi memegang peranan penting dalam segala hal begitu pula di dalam pengembangan perpustakaan.
Perpustakaan sebagai sumber informasi jangan sampai alergi terhadap perkembangan dan kemajuan teknologi. Seharusnya para pustakawan sudah saat nya terbuka terhadap berbagai  keuntungan yang di tawarkan oleh kemajuan teknologi informasi. Selain terbuka tentang perkembangan teknologi para pustakawan juga harus pintar-pintar memanfaatkan nya  sebaik mungkin.
Pada kenyataanya Teknologi Informasi tidak hanya mudah di manfaatkan dalam pengembangan ilmu pengetahuan saja. Banyak fasilitas-fasilitas Teknologi Informasi yang sangat mudah untuk di manfaatkan sebagai pengembangan perpustakaan.

B. Rumusan Masalah.

Berdasarkan latar belakang di atas masalah-masalah yang di bahas dapat di rumuskan sebagai berikut:

  1. Apa yang di sebut Teknologi Informasi ?
  2. Apa manfaat Teknologi Informasi terhadap perpustakaan?
  3. Apa saja fasilitas-fasilitas Teknologi Informasi dalam pengembangan perpustakaan ?

C. Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan ini adalah :

  1. Untuk mengetahui Teknologi Informasi.
  2. Untuk mengetahui manfaat Teknologi Informasi terhadap perpustakaan.
  3. Untuk mengetahui fasilitas Teknologi Informasi dalam penerapan perpustakaan.


BAB II
PEMBAHASAN

A. Mengenal Teknologi Informasi

Istilah teknologi informasi (TI), sering dijumpai baik dalam media grafik seperti surat kabar dan majalah, maupun media elektronik, seperti radio dan televisi. Istilah tersebut merupakan gabungan dua istilah dasar yaitu teknologi dan informasi.
Teknologi informasi adalah teknologi yang digunakan untuk menyimpan, menghasilkan, mengolah, serta menyebarkan informasi. Informasi mencangkup 4 kategori, yaitu numerik (angka), audio (suara), teks (tulisan), dan citra (gambar dan satir/citra).
Sekarang perkembangan teknologi informasi terus meningkat dan mudah untuk digunakan, terutama dengan memakai World Wide Web, yang membebaskan produksi dan distribusi informasi digital.

B. Manfaat Teknologi Informasi Bagi Perpustakaan

Perkembangan teknologi informasi juga sangat berpengaruh terhadap lembaga-lembaga yang erat kaitannya dengan informasi seperti perpustakaan/ pusat informasi. Manfaat teknologi informasi bagi perpustakaan seperti yang dikemukakan oleh Handerson adalah :

  1. Menyediakan akses informasi yang cepat dan mudah
  2. Menyediakan akses jarak jauh bagi pengguna
  3. Menyediakan akses 24 jam, jika servernya beroperasi 24 jam.
  4. Menyediakan informasi mutakhir
  5. Menyediakan informasi yang dapat digunakan dengan luwes bagi pengguna dengan kebutuhannya.
  6. Meningkatkan keluwesan
  7. Memudahkan format ulang dan kombinasi data dari berbagai sumber.

Selain itu, teknologi informasi bermanfaat untuk membentuk jaringan perpustakaan yang menghubungkan satu perpustakaan dengan yang lain (melalui intranet atau internet).
Disisi lain teknologi informasi juga memberikan kemudahan bagi pengelola informasi (pustakawan) untuk mengolah, menyimpan dan menyebarkannya.
Selain itu, teknologi informasi juga menjadi sarana membangun perpustakaan elektronik yang kehadirannya tidak bisa di hindari dan untuk membangun perpustakaan yang ideal.

C. Penerapan Teknologi Informasi Pada Perpustakaan

Teknologi informasi yang digunakan di perpustakaan dapat dibagi menjadi tiga kategori yaitu : komputer, media simpan dan telekomunikasi. Komputer melakukan operasi pengolahan data. Media simpan di perpustakaan digunakan untuk menyimpan data atau informasi yang nantinya untuk ditemukan kembali, media penyimpanan tersebut adalah media yang dapat dibaca oleh mesin elektronik diantaranya seperti disket, hard disk dan CD-ROM. Telekomunikasi memungkinkan transfer atau komunikasi data dan informasi antara satu computer database dengan komputer database lain atau satu perpustakaan dengan perpustakaan lain yang jaraknya berjauhan.
Perpustakaan Online

Tantangan baru di dunia perpustakaan diabad 21 yang banyak dikatakan sebagai abad informasi adalah penyaluran informasi menggunakan protokol elektronik melalui jaringan komputer dengan cepat, tepat dan global. Salah satu solusi untuk menjawab tantangan tersebut adalah dengan membangun perpustakaan online.

Perpustakaan online (OnlineLibary) adalah perpustakaan yang data koleksinya dapat diakses jarak jauh melaui Teknologi Komunikasi dan Informasi. Dalam artian bahwa perpustakaan online adalah perpustakaan yang melayani penelusuran informasi secara online(online searching).
Online searching merupakan salah satu sistem dari perpustakaan online yang biasanya menggunakan program OPAC (Online Public Access Catalog) yaitu katalog online yang diakses melalui media internet. Penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa perpustakaan online adalah perpustakaan yang database-nya disimpan dalam bentuk file elektronik dan di up-load atau di publish ke domain hosting internet, dan database tersebut dapat diakses secara universal oleh pengguna dengan fasilitas online searching.

Memanfaatkan Blog
Wblog atau blog adalah sebutan untuk kelompok website pribadi yang selalu di update berkesinambungan dan berisi link ke wibsite lain yang mereka anggap menarik dan di sertai komentar-komentar mereka sendiri. Beberapa laman penyediaan blok sebagai berikut :

PENYEDIAAN LAYANAN
ALAMAT
B2
http://www.cafelog.com/
Blog City
http://www.blog-city.com/
Blogger.com
http://www.blogger.com/
Blosxcom
http://www.blosxom.com/
Nucleus CMS
http://nucleuscms.org/
Onclave
http://www.onclsve.org/
Blogsome
http://www.blogsome.com/
Seo blog
http://www.seoblog.com/
WordPress
http://www.wordpress.com/

Tip penting :
  1. Jangan lupa mempromosikan blog kita
  2. Selalu mengupdate Informasi
  3. Buat kegiatan interaktif yagg menarik, misalnya kutipan-kutipan dari karya-karya sastra terkenal yang selalu di update setiap hari, mengadakan kuis setiap hari jum’at, diskudi buku baru, dan lain sebagainya.

Memanfaatkan Facebook
Facebook tidak lagi menjadi suatu hal yang baru di kalangan masyarakat. Layanan sosial media satu ini sudah menjadi tren di kalangan masyarakat masa kini, bukan hanya kemudahanya untuk mengakses dunia luas melainkan memiliki kelebihan berbagai aplikasi di dalamnya. Siapa sih yang tidak mengenal facebook ? Layanan Facebook bisa pula di manfaatkan dalam pengembangan perpustakaan yakni untuk membina hubungan dengan pemustaka sebagai promosi perpustakaan.
Beberapa langkah untuk mendaftarkan perpustakaan sebagai anggota facebook. Antara lain dengan :
  1. Klik akun www.facebook.com lalu daftarkan perpustakaan kita ke facebook
  2. Pilih nama sejelas mungkin dan menarik contoh : Sahabat Perpustakaan Staira. Hal ini di maksudkan untuk mendatangkan minat pengguna facebook untuk bergabung
  3. Gunakan aplikasi di facebook se-maksimal mungkin untuk mempromosikan perpustakaan, berdiskusi dengan pemustaka, memberi perhatian terhadap pemustaka dll.
  4. Promosikan akun facebook yang sudah kita buat
  5. Tak lupa selalu update facebook dengan informasi terbaru
Memanfaatkan Google
Google adalah salah satu mesin pencari di internet yang paling populer. Tentu seiring dengan semakin membanjirnya informasi di dunia maya semakin penting arti sebuah mesin pencari. Google sudah menyediakan berbagai fitur untuk membantu kita menemukan informasi yang paling tepat yang kita butuhkan.
Dalam Google ada bermacam-macam fitur yang akan sangat berguna jika kita mau mengaksesnya, contoh :

No
Alamat url
Fitur
Keterangan
1
http://www.books.google.com
Book search
Pencarian buku
2
http://www.google.com/dirhp
Directory
Pencarian website berdasarkan topik
3
http://www.images.google.com
Images
Pencarian gambar di internet
4
http://www.maps.google.com/maps
Maps
Menampilkan peta dan arah
5
http://www.scholar.google.com
Scholar
Pencarian makalah ilmiah
6
http://www.groups.google.com
Groups
Mailing list dan grup diskusi
7
http://www.google.com/help/features.html
Web Search Features
Pencarian film, musik, buku dll
8
http://www.gmail.google.com
Gmail
Email gratis
9
http://www.google.com/talk
Talk
Alat chatting, voice chat
10
http://www.google.com/language_tools
Translate
Menerjemahkan antara bahasa

Ada masih banyak fitur-fitur google yang lainya, untuk itu pelajari dan gunakan untuk melengkapi dan meningkatkan profesi pustakawan.


BAB III
PENUTU

A. KESIMPULAN

Teknologi informasi adalah teknologi yang digunakan untuk menyimpan, menghasilkan, mengolah, serta menyebarkan informasi. Informasi mencangkup 4 kategori, yaitu numerik (angka), audio (suara), teks (tulisan), dan citra (gambar dan satir/citra).
  1. Teknologi informasi bermanfaat untuk membentuk jaringan perpustakaan yang menghubungkan satu perpustakaan dengan yang lain (melalui intranet atau internet).
  2. Penerapan Teknologi informasi dalam perpustakaan meliputi pemanfaatan perpustakaan online, pemanfaatan google, blog, facebook dan lain sebagainya.

B. SARAN 

Mahasiswa di tuntut untuk lebih dalam mempelajari pelajaran Manajemen Perpustakaan. Karena dengan itu dapat menambah wawasan kita.  Misalnya dalam peemanfaatan Teknologi Informasi di dalam perpustakaan, kita tidak keliru lagi. Agar lebih memahami Teknologi Informasi sebagai salah satu cara untuk mengembangkan perpustakaan.

DAFTAR PUSTAKA

Nusantari, Anita. Strategi Pengembangan Perpustakaan. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012.
Nusantari, Anita dan Henny Linggawati. Pemanfaatan blog dalam Memasarkan Perpustakaan: Mengapa Tidak?. Majalah Visi Pustaka, Jakarta : Perpustakaan Nasional,2007.
Arsana, I Made Andi dan Atriyon Julzarika. Memanfaatkan Fitur-fitur Google. Jakarta: Elex Media Komputindo, 1997 hal:7-8
101 Aplikasi Facebook Terdahsyat. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009.

Makalah ini terdiri dari beberapa sumber internet antara lain :
http://lukman.blogspot.com
http://www.lib.ui.ac.id/files/Pudjiono.pdf
http://wikipedia.com 


Demikian Makalah Teknologi Informasi dalam Perpustakaan yang semoga dapat membantu Anda dalam memahami konsep Teknologi Informasi dalam Perpustakaan atau sedang mencari literatur berkaitan dalam Teknologi Informasi dalam Perpustakaan.

0 Response to "Makalah Teknologi Informasi dalam Perpustakaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel