Data Base Dalam Microsoft Excell

Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem operasi CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better" melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".


Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi

Ms.excell telah di lengkapi dengan fitur yang memungkinkan penggunanya untu membuat grafik dengan mudah. Penggunaan hanya perlu membuat data yang akan diolah dalam bentuk grafik. Hanya dengan beberapa pengaturan saja data sudah bisa berubah dalam bentuk grafik. Selain itu grafik juga dapat di tampil kan dengan gaya yang indah dan menarik. Dalam artikel ini akan di paparkan cara membuat grafik-grafik tersebut.

DATA BASE DALAM MICROSOFT EXCELL


A.     Cara Menggunakan Fasilitas Data Short

Short merupakan perintah untuk mengurutkan data berdasarkan kondisi tertentu. Hal tersebut dapat di lakukan dengan cara memilih fasilitas sorting pada Microsoft Excell, berikut langkah-langkah nya :
  1. Tempatkan kursor di dalam tabel data
  2. Klik menu data
  3. Pada ribbon-bar klik sort

Kotak dialog sort akan tampil seperti berikut ini.

Keterangan :
  • Bagian Sort by berisikan nama field atau nama kolom yang digunakan sebagai acuan pengurutan data.
  • Bagian Sort on di gunakan untuk menentukan tipe data yang ingin di urutkan.
  • Bagian Order di gunakan untuk menentukan kondisi pengurutan data, yaitu secara Ascending (menaik) atau Descending (menurun).
  • Tombol Add level di gunakan jika ingin mengurutkan data pada beberapa kolom atau baris sekaligus.
  • Tombol Option di gunakan untuk menentukan arah pengurutan data, apakah berdasarkan kolom atau berdasarkan baris.
  • Pilihan My data has headrers sebaiknya di aktivkan agar pada bagian Sort by dapat terlihat judul baris tang terdapat pada tabel.

Sebagai contoh, pada tabel penjualan yang kelompok kami buat ini :

 Untuk mengurutkan nilai penjualan dari nilao terkevil sampai ke nilai terbesar pilih filed Penjualan1 pada bagian Sort bt lalu tekan tombol ok.

Perhatikan tampilan data yang telah mengalami perubahan sebagai berikut. Kolom Produk tidak berurutan namun kolom Penjualan1 telah di urutkan.

Demikian contoh dasar dari penggunakan data sort dalam microsoft excell 2007, selebihnya dapat di kembangkan sendi berdasarkan dasar-dasar di atas

B.    Memanfaatkan Menu Format

Dalam Miccrosoft Excell terdapat beberapa menu, antara lain menu file, menu edit, menu view, menu insert, menu format, menu tools, menu data dan menu window. Yang akan kita bahas dalam makalah ini adalah menu format.
Sebelumnya format cell terdapat pada grup font, namun pada grup Alignment juga ada fungsi format cell yang sama. Format Aligment berfungsi untuk mengatur perataan data pada lembar kerja microsoft excell.




Untuk memformat perataan dapa pada sel dengan cepat, pilih sel atau range dan gunakan tombol Aligan Left, Center atau Aligan Right.
Memformat data bisa di lakukan dengan bentul rata tengah terhadap kolom-kolom atau baris-baris yang di pilih dengan menggunakan tombol Marge And Center.


Maka akan berubah menjadi
Jika membutuhkan format perataan teks dengan pilihan format yang lebih luas, gunakan tab Alignment pada kotak dialog Formaat Cell. Perhatikan gambar di bawah ini.
 Setelah tampilan jendela format cell, selanjutnya klik pada tab alignment.

Setelah itu kenali fungsi masing-masing menu pada tab Algnment di bawah ini:
  1. Horizontal, pada bagian ini kita dapat menemukan format perataan data secara horizontal. Menu yang tersedia : left (rata kiri), general (format default), center (rata tengah), right (rata kanan), fill (pengulangan data  hingga memenuhi lebar sell), justify (rata kiri dan kanan dalam sebuah sell), center across selection (rata tengah yang di pilih) dan distibuted (rata kiri kanan terhadap lebar kolom).
  2. Vertical. Menu yang tersedia : top (rata atas terhadap tinggi baris), bottom (tata atas bawah terhadap tinggi baris), distributed.
  3. Orientation. Pada kondisi default, teks di tulus secara mendatar atau pada posisi horizontal dengan pembacaan teks dari kiri ke kanan.
  4. Teks Control. Wrap teks berfungsi untuk mengatur teks menjadi dua  baris atau lebih dalam satu sell.

C.     Mengolah Chart Wizard (Grafik)

Ms.excell telah di lengkapi dengan fitur yang memungkinkan penggunanya untu membuat grafik dengan mudah. Penggunaan hanya perlu membuat data yang akan diolah dalam bentuk grafik. Hanya dengan beberapa pengaturan saja data sudah bisa berubah dalam bentuk grafik. Selain itu grafik juga dapat di tampil kan dengan gaya yang indah dan menarik. Berikut ini contoh dasar pembuatan grafik ms.excell 2007:

1.    Siapkan data yang akan di ubah dalam bentuk grafik.

2.    Langkah kedua blog seluruh data dalam tabel.


3.    Kemudian klik menu insert => chart maka nanti akan muncul gambar seperti di bawah ini.


4.    Setelah itu pilih model grafik yang di inginkan. Lalu tekan Ok maka tabel yang tadi akan berubah seperti di bawah ini.



demikan artikel tentang Data Base Dalam Miccrosoft Excell, semoga bermanfaat.

0 Response to "Data Base Dalam Microsoft Excell"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel