Tugas dan Fungsi Pendidikan Islam


Istilah pendidikan dalam konteks Islam lebih banyak di kenal dengan istilah “at-tarbiyah, at-ta’lim, at-ta’dib, dan ar-riyadloh”. Setiap istilah tersebut memiliki makna yang berbeda, karena berbeda teks dan konteks kalimatnya, walaupun dalam hal-hal tertentu istilah-istilah tersebut mempunyai kesamaan makna.
Didapatkan pengertian Pendidikan Islam yakni:
Pendidikan Islam adalah proses transformasi dan internalisasi ilmu pengetahuan dan nilai-nilai pada diri anak didik melalui pertumbuhan dan pengembangan potensi fitrahnya guna mencapai keselarasan dan kesempurnaan hidup dalam segala aspeknya.

dalam artikel ini akan di bahas mengenai tugas dan fungsi pendidikan islam sebagai berikut.

 TUGAS DAN FUNGSI PENDIDIKAN ISLAM





Tugas pendidikan islam senantiasa bersambung (kontinu) dan tanpa batas. Hal ini di karenakan hakekat pendidikan islam merupakan proses tanpa akhir sejalan dengan konsensus universal yang di tetapkan oleh Allah SWT dan rasul nya. Pendidikan terus menerus di kenal dengan istilah “min al-mahdi ila al-lahad” (dari buaian sampai liang lahat) atau dengan istilah lain “life long education” (pendidikan sepanjang hayat di kandung badan) (perhatikan QS. Al-Hijr:99).


Dalam artikel ini, tugas pendidikan islam di bagi atas dua pendapat. Yakni menurut Ibnu Taimiyah dan menurut Arifin. Berikut penjelasan atas masing-masing pendapat :


Menurut ibnu taimiyah, sebagaimana yang di kutib oleh majid ‘Irsan al Kaylani, tugas pendidikan islam pada hakekatnya tertumpu pada dua aspek, yaitu pendidikan tauhid dan pendidikan pengembangan tabiat peserta didik. Pendidikan tauhid dilakukan dengan pemberian pemahaman terhadap dua kalimat syahadat, pemahaman terhadap jenis-jenis tauhid (ketundukan, kepatuhan dan keikhlasan menjalankan islam) dan menghindarkan dari segala macam kemusyrikan. Sedangkan pendidikan pengembangan tabiat peserta didik adalah mengembangakan tabiat agar mampu memenuhi tujuan penciptaanya, yaitu beribadah kpada Allah dan menyediakan bekal untuk beribadah.

Sedangkan tugas pendidikan menurut Arifin adalah membimbing dan mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan manusia dari tahap ke tahap kehidupan anak didik sampai mencapai  titik kemampuan yang optimal. Bimbingan dan pengarahan tersebut menyangkut potensi, predesposisi (kemampuan dasar) serta bakan manusia yang mengandung kemungkinan berkembang ke arah kematangan yang optimal.

Fungsi pendidikan islam adalah menyediakan segala fasilitas yang dapat memungkinkan tugas-tugas pendidikan islam tercapai dan berjalan dengan lancar. Menurut Khurshid Ahmad, yang di kutip ramayulis. Fungsi pendidikan islam adalah sebagai berikut:
  1. Alat untuk memelihara, memperluas dan menghubungkan tingkat-tingkat kebudayaan, nilai-nilai tradisi dan sosial, serta ide-ide masyarakat dan bangsa.
  2. Alat untuk melakukan perubahan, inovasi dan perkembangan yang secara garis besar nya melalui pengetahuan dan skil yang baru ditemukan, dan melatih tenaga-tenaga yang produktif untuk menemukan perimbangan perubahan sosial dan ekonomi.

0 Response to "Tugas dan Fungsi Pendidikan Islam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel