Perkembangan Janin Dalam Kandungan Sejak Minggu Pertama

Hai moms, pastinya sebagai calon orang tua kita penasan bukan? Apa saja yang di alami si dedek bayi ketika di dalam perut kita. Nah di artikel kali ini akan di jelaskan Perkembangan Janin Dalam Kandungan bahkan sejak pada minggu pertama sampai usia matang untuk melahirkan.

Agar para moms tidak bingung, dalam artikel ini tahapan perkembangan janin dalam kandungan akan di bagi sesuai trimester kehamilan. Yakni trimester pertama, kedua dan ketiga. Berikut pembahasanya :


A. Perkembangan Janin Dalam Kandungan Pada Trimester Pertama

  1. Minggu Pertama. Berbentuk embrio atau sel telur yang sudah dibuahi. Embrio ini memiliki bekal genetik sebanyak 46 jenis kromosom
  2. Minggu Kedua. Embrio tersebut membelah dua dan jadilah dua sel. sambil terus membelah sel telur terus bergerak meninggalkan lubang fallopi menuju Rahim 
  3. Minggu Ketiga. Sel telur yang membelah berproses menjadi suatu kelompok yang berisi ratusan sel dan menempel pada dinding rahim. plasenta yang berfungsi mentransfer nutrisi dari ibu ke janin mulai berkembang dan berbentuk bulat.
  4. Minggu Keempat. Embrio tadi mulai membentuk struktur manusia. lingkaran hitam untuk mata telah ada. di masa ini janin sudah berukuran sekitar 6 sampai 7 mm atau seukuran beras
  5. Minggu Kelima. Terbentuk 3 lapisan yaitu ectoderm, mesoderm dan endoderm. fitur wajah janin mulai berkembang. ada sedikit lipatan kulit untuk telinga di sisi kepala.
  6. Minggu Ke enam. Muncul Tunas mungil. Yang nantinya akan berkembang menjadi lengan dan kaki. Lalu terbentuk jari kaki dan tangan yang kecil. otak, saraf tulang belakang dan jaringan saraf lain dari sistem saraf pusat mulai terbentuk. Sistem pencernaan dan pernafasan juga sudah mulai terbentuk.
  7. Minggu Ke tujuh. Saluran pencernaan, alat-alat Indra, dan tulang mulai berkembang. Janin sudah mulai melakukan gerakan.
  8. Minggu Kedelapan. Di masa ini, panjang janin sekitar 2,54 cm. Beratnya sekitar 9 sampai 10 gram. hidung dan kelopak mata dan telinga nya mulai berkembang. lengan yang bersiku semakin membesar. saluran yang disebut bronkus yang menghubungkan paru-paru dengan tenggorokan juga mulai bercabang. pada umumnya, di masa ini sepertiga dari tubuh janin sudah mulai terbentuk, khususnya di bagian kepala.
  9. Minggu Ke Sembilan. Tubuh janin berkembang dan sudah hampir sepenuhnya terbentuk titik lengan, tangan, kaki, mulut dan jari sudah nyaris sempurna. Kuku-kukunya mulai berkembang. telinga eksternalnya mulai terbentuk titik gerakannya bertambah kuat. Di masa ini Janin dapat dideteksi dengan USG 
  10. Minggu Kesepuluh. Organ dalam seperti hati, ginjal, usus, otak dan paru-paru yang sudah terbentuk dan berfungsi mulai bekerjasama. Sel saraf baru di otaknya yang jumlahnya ratusan ribu terus mengalami pertumbuhan dan peningkatan dalam per menitnya. kepalanya masih lebih besar dan hampir setengah dari ukuran panjang seluruh badan.
  11. Minggu Kesebelas. Bagian-bagian tubuhnya seperti rambut, kuku jari tangan dan kuku jari kaki mulai tumbuh. Gerakan kaki dan tangannya sudah bisa dirasakan oleh ibunya.
  12. Minggu Ke dua belas. Di masa ini, wajah janin belum sepenuhnya sempurna. Lazimnya, jari-jarinya, baik dari tangan maupun kaki sudah terpisah sepenuhnya. Sistem sirkulasi dan sistem kemih mulai bekerja. Organ hati sudah bisa menghasilkan empedu.

B. Perkembangan Janin Dalam Kandungan Pada Trimester Kedua.

  1. Minggu ke 13. Seluruh organ yang sudah terbentuk dalam tubuh janin berkembang pesat. gigi dan tulangnya mulai lebih pada. iya sudah bisa mengisap jempol, menguap, meregang, dan membuat ekspresi wajah di dalam kandungan.
  2. Minggu ke 14 . Pada masa ini, badannya tumbuh dan melebihi kepala. kulitnya yang tipis dan halus menutupi badannya dengan lanugo atau rambut yang sangat halus biasanya menghilang sebelum lahir.
  3. Minggu ke-15 . Tulangnya terus berkembang. janin sudah mulai bisa mendengar denyut jantung serta suara perut dan suara ibunya. Di akhir minggu ini, tubuhnya biasanya mencapai 15,24 cm dengan berat sekitar 113 gram.
  4. Minggu ke-16. Di masa ini, jika di USG jenis kelamin janin sudah dapat diketahui karena bentuk tubuhnya sudah bisa dikatakan sempurna. Otot janin berkembang dan menjadi kuat. Sistem peredaran darahnya sudah terbentuk dan berfungsi sepenuhnya. pada minggu ini pula, ia mulai sensitif terhadap cahaya. Gerakan semakin aktif dan sudah mampu kencing dan cegukan jika minum terlalu banyak.
  5. Minggu ke-17 . Selubung myelin yang melindungi serabut saraf mulai terbentuk. Kepalanya mulai ditumbuhi rambut. bahu dan punggung nya juga ditumbuhi rambut-rambut halus. Sidik jari pada jari-jari tangannya sudah mulai terbentuk.
  6. Minggu ke-18 . Di minggu ini, mata janin sudah berkembang. Cahaya yang masuk melalui pori-pori dinding rahim ibu sudah bisa dilihat. Dadanya kembang kempis seolah-olah sedang bernapas titik namun sebenarnya, ia sedang menelan cairan amnion. Di minggu ini pula janin sudah dapat menendang atau meninju. Hormon estrogen dan progesteron yang dimilikinya juga semakin meningkat.
  7. Minggu ke-19 . Pada minggu ini, perkembangan organ sensoris nya mencapai kesempurnaannya. kini, sel-sel saraf untuk indra perasa, penghirup, pendengaran penglihatan dan perabaan muncul di area khusus dalam otak. Tubuh bayi diselimuti vernix caseosa (apisan lilin yang membalut janin dan melindungi kulitnya dari luka).
  8. Minggu ke-20 . Kulit janin mulai membuat lapisan dermis, epidermis, dan subcutaneous. Otot-ototnya semakin kuat. pigmen kulitnya mulai terlihat jelas. Sistem pernapasan dan paru-paru nya terus berkembang. di masa ini, dalam sehari biasanya janin bergerak sekitar 200 kali tetapi ibunya hanya merasakan sedikit dari semua gerakannya.
  9. Minggu ke-21. Kelopak mata dan alis jenis sudah terbentuk sempurna. Kuku-kuku sudah menutupi ujung jarinya. Khususnya sudah berkembang pesat sehingga ia mampu menyerap atau menelan gula dari cairan lalu dilanjutkan melalui sistem pencernaan menuju usus besar. 
  10. Minggu ke-22 . Sel darah putih yang berfungsi melawan penyakit dan infeksi mulai diproduksi oleh tubuh janin. bibirnya mulai terlihat jelas.
  11. Minggu ke-23 . Panjang janin di minggu ini sekitar 30 cm dengan berat hampir 500 gram. terdapat lemak yang semakin bertumpuk di tubuh janin, namun kulitnya masih kendur sehingga terlihat keriput. Ini karena produksi sel kulit lebih banyak dibandingkan lemak.
  12. Miggu ke-24 . Bentuk tubuh janin sudah sempurna. Otaknya tumbuh dengan sangat baik. Rahim ibu semakin dipenuhi oleh perkembangan tubuhnya. paru-paru janin mulai mengambil oksigen dari plasenta. demikian juga, paru-paru mulai menghasilkan surfaktan yang melindungi kantung udara tetap mengembang. lapisan lemak coklat di dada leher dan selangkangan yang membentuk janin mempertahankan panas tubuh mulai disimpan.
  13. Minggu ke-25. Janin sudah bisa mendengar secara optimal sehingga dapat menanggapi stimulus yang berasal dari suara. Tulangnya semakin mengeras dan lebih kuat. indra penciuman nya semakin membaik karena pada minggu ini bagian hidung janin sudah mulai berfungsi. Berat tubuhnya sudah mencapai sekitar 650 gram dengan tinggi badan sekitar 37 cm.
  14. Minggu ke-26. Di minggu ini, retina matanya terbentuk. seiring dengan itu, senin mulai bisa membuka dan mengedit kan matanya. Selain itu, ia juga mulai aktif berubah atau berganti posisi. Perubahan posisi ini dirasakan oleh ibu. syaraf otaknya yang berhubungan dengan pendengaran dan penglihatan sudah berfungsi dengan baik.
  15. Minggu ke-27. Di minggu ini, berat janin mencapai 875 gram dan tingginya sekitar 36,6 sampai 38 cm. Menjelang minggu ke-28 janin diperkirakan sudah bisa bermimpi saat tidur.
  16. Minggu ke-28. Otak janin terus berkembang dan meluas titik kepalanya sudah mengarah ke bawah titik namun paru-parunya belum sepenuhnya sempurna. Meskipun demikian jika ia lahir di minggu-minggu ini atau lahir secara prematur kemungkinan besar masih bisa diselamatkan atau dapat bertahan hidup.

C. Perkembangan Janin Dalam Kandungan Pada Trimester Ketiga

  1. Minggu ke-29 . Gerakan seperti menendang akan lebih sering dilakukan oleh janin di minggu ini. otaknya terus berkembang pesat. Jika janin laki-laki, maka buah zakarnya akan bergerak dari tempatnya di dekat ginjal menuju selangkangan. jika bayi perempuan, maka klitorisnya relatif menonjol karena labia yang masih kecil belum bisa menutupinya. sementara itu, kelenjar adrenalin janin mulai menghasilkan hormon seperti androgen dan estrogen yang akan menstimulasi hormon prolaktin di dalam tubuh ibu sehingga membuat kolostrum. Janin semakin sensitif terhadap datangnya suara, cahaya, rasa dan bau.
  2. Minggu ke-30. Di minggu ini, janin sudah mulai memproduksi air mata titik matanya mulai bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain sehingga ia bisa mencari sumber cahaya. Paru-paru dan saluran pencernaannya hampir matang. Kini panjangnya sudah sekitar 40 cm dan berat badannya terus bertambah.
  3. Minggu ke 31 Janin sudah bisa berkemih sebanyak 500 ml dalam sehari titik darah yang mengalir dari plasenta ke tubuhnya memungkinkannya untuk memproduksi air seni titik lengan tungkai, dan tubuhnya terus terisi sehingga akhirnya ukurannya menjadi proporsional dengan kepalanya. Organ-organnya terus bertambah matang. Perkembangan otaknya semakin besar dengan menghasilkan. Gerakannya semakin berkurang karena ruang kosong di rahim nyaris penuh. Dengan begitu, ia juga tidak bisa bergerak untuk balik arah. namun kepalanya masih leluasa untuk digerakkan dari satu sisi ke sisi lain. Beratnya gini sekitar 1,5 - 2 kg dengan panjang sekitar 42 cm dari ujung kaki ke ujung kepala titik ia sudah nampak seperti bayi yang baru lahir.
  4. Minggu ke 32. Untuk sebagian janin, rambut yang tumbuh di kepalanya semakin penuh titik bulu mata dan alis nya terlihat semakin jelas. Lanugo yang menutupi tubuhnya mulai menghilang tetapi sebagian masih ada di bahu dan punggung saat dilahirkan. kulitnya memerah titik sistem saraf pusatnya semakin matang. buah zakarnya mungkin sudah masuk ke dalam skrotum. Terkadang, salah satu atau kedua buah zakar belum masuk ke posisinya sampai setelah lahir. tetapi jangan khawatir, buah zakar yang belum turun seringkali terkoreksi sendiri sebelum ulang tahun pertama.
  5. Minggu ke-33. Posisi kepala janin sudah berada dibawah dalam rahim. Tengkoraknya masih cukup lentur dan belum sepenuhnya menyatu sehingga memungkinkannya melewati jalan lahir yang relatif sempit. di bagian lain, tulangnya mengeras tetapi otot-ototnya belum benar-benar bersatu titik kulitnya halus dan mulai lebih berisi sehingga tidak lagi keriput.
  6. Minggu ke-34. Seluruh organ tubuh janin hampir matang sepenuhnya, kecuali paru-paru yang masih terus menyempurnakan diri. sejak minggu-minggu ini, lapisan plasentanya mulai menipis. Untuk membuat estrogen, plasenta mengubah jenis hormon mirip testosteron yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal janin. pada bulan ini, kelenjar tersebut sebesar kelenjar pada remaja dan setiap hari menghasilkan hormon 10 kali lebih banyak dari pada kelenjar adrenalin orang dewasa. Kelenjar ini akan mengerut dengan cepat setelah lahir. berat janin bertambah setidaknya 1 kg sejak bulan sebelumnya. Kebanyakan terjadi akibat pertambahan jaringan otot dan lemak.
  7. Minggu ke 35. Di minggu ini, janin sudah mempunyai sepasang ginjal yang berkembang sempurna. Hatinya juga sudah bisa memproses sebagian produk buangan. pendengarannya sudah berfungsi secara sempurna. lemak di tubuhnya mulai memadat pada bagian kaki dan tangannya yang berfungsi untuk memberikan kehangatan pada tubuhnya. Kepalanya sudah mulai memasuki panggul. Apabila Jani tersebut laki-laki maka di minggu-minggu ini testisnya telah terbentuk sempurna.
  8. Minggu ke-36. Di minggu-minggu ini, janin mendapat kiriman antibodi dari ibunya. ginjal, hati, dan paru-parunya sudah bekerja dengan baik. mulai menjelang akhir minggu ini janin sudah siap lahir kapan saja.
  9. Minggu ke-37. Untuk persiapan kelahiran, biasanya janin akan mengubah posisinya, yaitu turun ke panggul dan kepala akan menghadap ke arah jalan lahir. lapisan bulu halus (lanugo) mulai rontok. Vernix caseosa (lapisan seperti keju yang melapisi tubuh bayi dalam rahim dan melindungi kulitnya yang sedang berkembang) sedikit demi sedikit menghilang dan hanya tersisa sedikit saat lahir.
  10. Minggu ke-38. Di usianya yang ke 38 minggu ini, janin lazimnya sudah mempunyai berat badan sekitar 3 hingga 3,2 kg. Semua sistem organnya sudah terbentuk dan menempati tempatnya dengan sempurna. Namun masih ada paru-paru yang paling terakhir mencapai kematangannya. Pada masa ini rata-rata janin masih terus menambahkan simpanan lemaknya yang akan membantunya mengatur suhu badan setelah lahir.
  11. Minggu ke 39. Di minggu ini, panjang janin dari kepala sampai kaki biasanya sekitar 51 cm dengan berat sekitar 3,5 kg saat lahir di titik tetapi umumnya, batasan sehat tidaknya bayi yang baru lahir adalah beratnya berkisar antara 2,5 kg sampai 4 kg. cairan amnion yang dulunya jenis sekarang berwarna pucat seperti susu akibat dari vernix caseosa.
  12. Minggu ke-40. Di minggu terakhir masa kehamilan ini rahim semakin sempit bagi janin sehingga tubuhnya hanya bisa meringkuk ketat. Kulitnya halus dan lembut. Kuku-kukunya sudah panjang dan mungkin saja telah menggores wajahnya. Proses produksi hormon yang disebut kortisol dari kelenjar adrenal nya semakin banyak. Hormon ini akan membantu mematangkan paru-parunya dan menyiapkannya untuk udara pertama. Khusus janin perempuan, ovariumnya masih berada di pinggir panggul dan tidak mencapai posisi final hingga setelah kelahiran. Di minggu terakhir ini janin sudah siap menyapa dunia.

0 Response to "Perkembangan Janin Dalam Kandungan Sejak Minggu Pertama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel