Keterampilan Kepemimpinan Pedidikan
Kepala sekolah adalah pemimpin di bidang pendidikan. Oleh sebab itu, kepala sekolah harus memahami dan memiliki keterampilan kepemimpinan pendidikan. Sebagai seorang pemimpin, kepala sekolah akan selalu berhadapan dengan orang lain atau kelompok yang dipimpinnya. Dengan demikian, kepala sekolah dituntut untuk profesional dalam pengaplikasian kompetensi-kompetensi sebagai kepala sekolah. Pengaplikasian kompetensi sebagai kepala sekolah sangat interdependensi dengan penerapan dan penguasaan keterampilan kepemimpinan pendidikan bagi kepala sekolah, sehingga menjadikan keterampilan kepemimpinan pendidikan bersifat krusial dan harus diperhatikan oleh pemimpin pendidikan.
A. Pengertian Keterampilan Kepemimpinan Pendidikan
- Proses dimana seseorang yang mengembangkan kemampuan, sikap dan bentuk-bentuk tingkah laku lainnya dimasyarakat tempat dia hidup.
- Proses dimana orang dihadapkan pada pengaruh lingkungan yang terpilih dan terkontrol sehingga mereka mengalami perkembangan kemampuan sosial dan individu yang optimal.
- Keterampilan teknis. Keterampilan ini terkait dengan keterampilan pemimpin dalam pelaksanaan manajemen substantive pendidikan, yang meliputi pemimpin mampu melakukan manajemen kurikulum, manajemen peserta didik, manajemen sumberdaya manusia, manajemen keuangan, manajemen sarana dan prasarana, dan manajemen hubungan social masyarakat.
- Keterampilan profesional Keterampilan ini harus dimiliki oleh seorang pemimpin dengan cara memiliki sifat-sifat sebagai seorang pemimpin, mengetahui peran dan tugasnya sebagai pemimpin, dan mengemban kodeetik sebagai seorang pemimpin. Pemimpin yang professional yaitu pemimpin yang dapat menggerakkan bawahannya dengan berbagai keterampilan pemimpin yang dapat mencapai tujuan organisasinya secara efektif dan efisien.
- Keterampila nmanajerian. Keterampilan manajerial bagi seorang kepalasekolah meliputi keterampilan konseptual, keterampilan hubungan manusia dan keterampilan teknik. Ketiga keterampilan manajerial tersebut diperlukan untuk melaksanakan tugas manajerian secara efektif, meskipun penerapan masing-masing keterampilan tersebut tergantung pada tingkatan manajer dalam organisasi.
B. Penerapan Keterampilan Kepemimpinan Pendidikan
C. Mengembangkan Keterampilan Kepemimpinan Pendidikan
- Mengadakan analisis bidang-bidang tindak laku administrative. Secara operasional cara ini dilakukan dengan beberapa aktivitas, sebagai berikut: Kepemimpinan dalam perumusan tujuan, Kepemimpinan melalui pembuatan keputusan, Kepemimpinan melalui tugas dan perananan, Kepemimpinan melalui koordinasi dan konsultasi, Kepemimpinan melalui penilaian terhadap performance staff, Kepemimpinan melalui kerjasama dengan masyarakat serta Kepemimpinan melalui proses komunikasi.
- Pengujian terhadap manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah. Tugas kepala sekolah dalam manajemen pendidik dan tenaga kependidikan meliputi aktivitas planning, organizing, directing, coordinating, and controlling. Berikut tugas-tugas kepala sekolah dalam manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah, antara lain:
- Meningkatkan profesional mereka.
- Meningkatkan kemapuan pengajaran di kelas dan kemampuan kerja tenaga kependidikan
- Menyusun dan meningkatkan program di sekolah
- Memberikan bimbingan dan meningkatkan disiplin pendidik dan tenaga kependidikan
- Menumbuhkan profesi dalam bidang kerja masing-masing
- Mengatur kegiatan layanan khusus
- Mengelola pengadaan, pendayagunaan dan pelaporan keuangan sekolah bersama-sama.
KESIMPULAN
- kepemimpinan pendidikan adalah suatu kesiapan, kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam proses mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan dan menggerakkan orang lain.
- Penerapan keterampilan kepemimpinan pendidikan berkaitan dengan pelaksanaan enam substatif manajemen pendidikan, yaitu manajemen kurikulum, manajemen peserta didik, manajemen sumber daya manusia, manajemen sarana dan prasarana, manajemen keuangan, dan manajemen hubungan masyarakat.
- Untuk mengembangkan keterampilan kepala sekolah selaku pemimpin pendidikan dapat digunakan dua cara yakni: Mengadakan analisis bidang-bidang tindak laku administrative dan Pengujian terhadap manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah
0 Response to "Keterampilan Kepemimpinan Pedidikan"
Post a Comment